Rabu, 11 Februari 2015

PENGERTIAN ADIWIYATA

Sebelum membahas secara menyeluruh tentang Adiwiyata, kalian semua tau apa itu Adiwiyata ? Nah, yuk kita cek informasi berikut ini.



Kata Adiwiyata berasal dari 2 kata dalam bahasa Sansekerta, yaitu ADI dan WIYATA.
ADI mempunyai makna : besar, agung, baik, ideal, atau sempurna. Sedangkan WIYATA mempunyai makna : tempat seseorang bisa memperoleh ilmu pengetetahuan, norma, etika dalam kehidupan sosial. Bila kedua kata tersebut dipadukan, maka secara keseluruhan "Adiwiyata" mempunyai pengertian : Tempat yang baik dimana disana dapat kita diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.
 
A. Pengertian Program Adiwiyata


Program Adiwiyata merupakan program pengelolaan lingkungan hidup di sekolah. Program ini merupakan tindak lanjut dari Kesepakatan Bersama antara Menteri Negara Lingkungan Hidup dengan Menteri Pendidikan Nasional Nomor Kep. 07/MENLH/06/2005 dan Nomor 05/VI/KB/2005 tentang Pembinaan dan Pengembangan Lingkungan Hidup. Program ini dijalankan dalam rangka mendorong terciptanya pengethuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

B. Tujuan Sekolah Adiwiyata
Adapun tujuan utama adalah mewujutkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan serta tujuan dari sekolah Adiwiyata tidak lain untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari seluruh warga sekolah dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup.

C. Keuntungan Mengikuti Program Adiwiyata
Dengan mengikuti progam Adiwiyata, kita semua pasti mendapat keuntungan. Adapun keuntungan yang diperoleh adalah :

1. Meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan operasional sekolah dan penggunaan berbagai sumber daya.
2. Meningkatkan penghematan sumber daya melalui pengurangan konsumsi berbagai sumber daya dan energi.
3. Meningkatkan kualitas kondisi pembelajaran yang lebih nyaman dan kondusif bagi semua warga sekolah.
4. Menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah.
5. Dapat meningkatkan upaya menghindari berbagai resiko dampak lingkungan negatif dimasa yang akan datang.
 6. Menjadi tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang nilai – nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar.
 7. menciptakan sekolah yang bisa menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran betapa pentingnya menjaga lingkungan. Sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat ikut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar